Perguruan Silat Gelar Pengesahan Di Solo, Kapolresta Surakarta Imbau Tidak Ada Konvoi Motor

Polresta Surakarta- Polda Jateng- Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Iwan Saktiadi, SIK.MH.MSi mengimbau para anggota perguruan silat itu untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat terkait adanya Salah satu perguruan silat yang menggelar acara pengesahan anggota di Solo pada Senin (8/7/2024).

“Kami tentu akan mendukung setiap kegiatan yang digelar masyarakat. Namun demikian, kami memiliki catatan yang harus sama-sama kita pedomani, kita patuhi untuk dilaksanakan bersama,” ungkap Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Iwan Saktiadi, SIK.MH.MSi.

Adapun imbauan tersebut, di antaranya agar tidak menggunakan atau mengendarai sepeda motor bagi anggota atau warga perguruan silat yang hadir di lokasi acara, yakni Convention Hall Tirtonadi.

Di saat yang bersamaan, lanjut dia, pengurus tiap-tiap ranting dari perguruan silat itu diminta untuk memobilisasi anggota atau warganya menggunakan kendaraan roda empat atau lebih. Dengan begitu, kerumunan atau konvoi sepeda motor yang berpotensi meresahkan masyarakat tidak akan terjadi.

Apalagi, acara itu akan digelar malam hari, yang menurut Kapolresta Surakarta, sangat memungkinkan membahayakan pengguna jalan lainnya secara umum, dan secara khusus peserta acara itu sendiri.

“Seperti kita ketahui, banyak kejadian di banyak tempat yang mungkin dipicu oleh kesalahpahaman atau masyarakat terganggu suara bising dan sebagainya. Nah, kami mengimbau warga perguruan silat yang nanti malam melaksanakan prosesi sah-sahan, agar tidak menggunakan kendaraan roda dua,” kata Kapolresta Surakarta.

Selain itu, ia juga mengingatkan acara pengesahan anggota atau warga perguruan silat itu bukanlah ajang untuk pamer kekuatan, akan tetapi merupakan bagian dari ritual perguruan yang harus digelar dengan khidmat dan lancar serta tidak mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Sekali lagi, juga tidak ada ajang show off, agar apa? Agar masyarakat tidak merasa terganggu dan nyaman akan kehadiran acara-acara seperti itu,” kata dia.

Terakhir, Kapolresta Surakarta menegaskan jika ditemukan ada oknum anggota atau warga perguruan silat yang melanggar imbauan itu, polisi akan menindak dengan tegas.

Sebagai informasi, akun Instagram resmi Polresta Solo, @polrestasurakarta, pada Senin (8/7/2024), mengunggah imbauan dari Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Solo melalui Ketua Dewan Cabang Andreas Sri Wibowo dan Ketua Cabang Guntur Marsono.

Ada empat poin imbauan dari PSHT, pertama, peserta dan pendamping saat menuju lokasi pengesahan tidak diperkenankan menggunakan kendaraan bermotor roda dua dan wajib menggunakan mobil bak tertutup.

Kedua, tertib lalu lintas saat di jalan raya dan tidak mengganggu pengendara lain. Ketiga, anggota SH Terate selain panitia dan pendamping cukup di rumah dan mendoakan kegiatan pengesahan agar berjalan aman, lancar, dan sukses.

Terakhir, dilarang melakukan konvoi karena konvoi kendaraan bermotor dapat mengganggu kenyamanan masyarakat lain dan bukan cerminan anggota SH Terate yang berbudi pekerti luhur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *